Manfaat Khasiat Kesehatan Daun Sirih


Banyak tanaman yang tumbuh di negara kita dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu tanaman yang sering dijadikan obat herbal atau tradisional adalah daun sirih. Kenapa? Karena daun sirih cukup mudah diperoleh dan yang lebih adalah mempunyai khasiat yang cukup besar bagi kesehatan kita.

 

Sejak zaman dahulu kala, daun yang berasa sepet ini sudah dijadikan sebagai salah satu obat tradisional oleh nenek moyang kita dan ini pun berlanjut hingga sekarang. Banyak dijumpai produk-produk kesehatan atau pun kecantikan modern yang mengekstrak daun sirih sebagai salah bahan utamanya, mulai dari shampoo, sabun mandi, sikat gigi, obat kumur, dan lainnya.

Mungkin ada di antara sobat sekalian yang ingin tahun lebih banyak lagi tentang apa saja manfaat dari daun sirih. Tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit bronkitis, mimisan, sakit gigi, mimisan, alergi gatal-gatal, hiangkan bau mulut, dan lain-lain.



Manfaat daun sirih

Bau Mulut
Bau mulut timbul karena terjadi kerusakan gigi dikarenakan bakteri mulut. Untuk mengatasi masalah ini, cucilah daun sirih kemudian kunyah lalu biarkan beberapa menit dalam mulut, setelah itu buang bekas kunyahan tersebut. Selain itu, sobat juga bisa berkumur dengan air sirih. Caranya, rebus 6-5 dauh sirih dalam 2 gelas air mendidih. Saring dan dinginkan air sirih kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Diare
Daun sirih bisa juga digunakan sebagai obat diare, caranya siapkan 4 atau 6 lembar daun sirih, 6 biji merica, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk halus semua bahan itu bersama-sama lalu gosokkan pada perut.

Mimisan
Jika ada teman atau keluarga sobat yang mimisan, ini bisa dihentikan dengan menggulung selembar daun sirih lalu sumbatkan ke hidung yang mimisan

Sakit gigi
Selain itu, daun sirih berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan hanya tersisa sampai i gelas air saja. Pakailah air daun sirih untuk berkumur selama gigi masih terasa sakit.

Bronkitis
Rebus 6 atau 7 lembar daun sirih yang sudah dipotong halus dengan dua gelas air. Tambahkan sedikit gula ke dalam air tersebut. Tunggulah rebusan air hingga menyusut tinggal 1 gelas saja. Saring dan dinginkan air daun sirih. Minumlah air daun sirih 3 kali sehari, masing masing 3 sendok makan.

Nah sobat, demikianlah info kesehatan terbaru dari sehatsehatku. Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
© 2009 Info Kesehatan | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan