Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan


Musim hujan sudah datang. Jika kebersihan lingkungan dan kesehatan diri tidak dijaga dengan baik akan menyebabkan ancaman serangan dari berbagai penyakit. Air yang dibiarkan menggenang, tempat yang lembab, dan kondisi kurang sehat lainnya yang bisa kita temui ketika musim hujan menjadi sarang yang nyaman untuk perkembangan penyakit tertentu. Ada baiknya sobat perlu memberikan perhatian khusus pada beberapa penyakit yang sering muncul dan mudah sekali menular ke manusia di musim hujan. Apa saja ya kira-kira? Mari kita simak ulasan singkat di  bawah ini

Penyakit Yang Rawan Menyeran Saat Hujan Tiba

1. Demam Berdarah
Demam berdarah dengue atau DBD cukup perlu diwaspadai pas musim hujan begini karena sarang nyamuk aedes aegypti untuk berkembang jumlahnya meningkat apalagi kalau ada banyak genangan air di mana mana. So, jangan biarkan ada kaleng bekas, ban bekas, atau tempat-tempat tidak terpakai dan terisi air. Kuburkan  benda-benda tersebut. Bersihkan juga genangan air dan tutup tempat penampungan  air dengan rapat.

2. diare
Curah hujan begitu meningkat pada musimnya sehingga seringkali beberapa daerah berpotensi terlanda banjir. Saat terjadi banjir, kualitas kebersihan air menjadi sangat minim dan ini berpengaruh pada kesehatan tubuh. Minimnya ketersedian air yang bersih sangat beresiko pada timbulnya penyakit diare


c. ISPA
Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) juga sering menjangkit saat musim hujan tiba. Penyakit ini muncul disebabkan bakteri, virus dan mikroba lainnya. Gejala penyakit ISPA biasa ditandai dengan batuk, demam, nyeri di dada, sesak napas dan lain lain.

d. Leptospirosis
Leptospirosis atau disebut juga dengan penyakit kencing tikus. Admin sendiri baru tahu kalau ada penyakit ini, (nggak penting yah? :p) penyakit ini ditimbulkan oleh bakteri leptospira sp. Penyakit ini ditularkan oleh hewan kepada manusia, atau sebaliknya. Bakterinya senang berkembang biak di tempat yang penuh genangan atau becek, berlumpur, dan tentu saja kotor. Saat banjir, air kencing hewan atau manusia terbawa melalui banjir dan dapat merasuk ke dalam manusia lewat hidung, selaput lendir mata dan kulit yang terluka.

e. Chikungunya
penyakit ini mirip dengan DBD, perbedaannya ada pada gejala nyeri sendi pada lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan, tulang belakang, yang lebih menonjol di antara gejala lainnya. Sedangkan gejala lain dari penyakit ini adalah sakit kepala,menggigil, kemerahan pada selaput mata, pembesaran kelenjar getah bening, mual, muntah, dan lain-lain.

Nah sobat, itulah info kesehatan terbaru kita hari ini tentang Penyakit Yang Sering Muncul Di Musim Hujan yang dimuat dalam sehatsehatku. Thank you. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 
© 2009 Info Kesehatan | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan