Berbagai Khasiat Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat Kedelai
Kedelai adalah salah satu tanaman yang kaya dengan gizi. Dengan harga yang cukup terjangkau, kedelai memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa produk hasil olahan kedelai yang banyak kita jumpai seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai, tepung, dan masih banyak lagi. 

Tanaman kedelai sendiri banyak dijumpai di kawasan Asia dan dikenal mengandung protein yang tinggi sehingga para vegetarian seringkali mengkonsumi kedelai sebagai pengganti daging.

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

1. antioksidan
Ada sebuah senyawa yang disebut dengan isoflavon dalam kedelai. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kesehatan. Isoflavon memperbaiki sel yang rusak akibat polusi, sinar matahari ataupun proses tubuh yang normal.

2. Pencegahan Kanker
Selain memperbaiki sel yang rusak, isoflavon juga bisa mengurangi resiko kanker dan memberikan perlindungan yang sangat baik dari kanker hormone sejenis rahim, prostat, dan lain-lain.

3. Menjaga berat badan
Dengan kandungan serat tinggi yang ada pada kedelai, berat badan bisa lebih terjaga karena indeks glisemik kedelai tergolong rendah sehingga gula darah dan fluktuasi insulin menjadi cenderung normal. Diabetes pun bisa menjadi ringan.

4. Pencegahan osteoporosis
Kedelai mempunyai nilai protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya para usia lanjut yang tidak ingin terkena osteoporosis. Protein kedelai yang tinggi bisa menyerap kalsium dengan maksimal sehingga tulang menjadi sehat dan kuat.

Demikianlah beberapa khasiat kedelai yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya. Kedelai terbukti punya gizi yang tinggi, khususnya protein. So, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi kedelai mulai dari sekarang. 



0 komentar:

Post a Comment

 
© 2009 Info Kesehatan | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan